Tuesday 24 May 2016

Tips dan Trik Dalam Memilih Media Untuk Filter Kolam Koi

Tips dan Trik Dalam Memilih Media Untuk Filter Kolam Koi
Keberhasilan sistem filter pada kolam koi memiliki perananan yang cukup penting bagi kelangsungan hidup ikan koi. Bukan hanya sekedar hidup namun juga membantu koi berkembang pada kondisi yang optimal. Salah satu bagian penting dalam sistem filter kolam koi adalah filter biologis. Filter biologis memiliki peran dalam siklus penguraian amonia menjadi material tidak berbahaya bagi ikan koi.

Yang penting dalam memilih media filter biologi bagi filter kolam adalah luasan media filter biologi, Specific Surface Are (SSA). Semakin luas permukaan media filter biologi semakin banyak bakteri pengurai amonia yang bisa hidup pada media filter.
Banyak media filter biologi yang bisa dipakai, namun untuk efisiensi tentunya harus dipertimbangkan karakteristik masing-masing bahan Media filter biologi. Seberapa luas permukaan yang bisa dicover. Tabel berikut menunjukkan Specific Surface Area (SSA) masing-masing bahan.

Specific Surface Area Media Filter Biologi


Media Filter Alfagrog

Alfagrog merupakan bahan keramik yang memiliki pori-pori lembut, ringan dan kuat. Alfagrog memiliki luas permukaan yang tinggi sehingga menjadi pilihan media filter yang baik. Luasan permukaan ini menjadi tempat koloni bakteri yang baik dalam filter biologis sehingga menghasilkan air kolam koi yang bersih dan jernih.
Alfagrog Media Filter
Dalam proses pembuatannya, bahan tanah liat pilihan yang ditumbuk halus dan diayak sampai ukuran tertentu. Dipanaskan pada suhu yang tinggi, dalam proses manufaktur dipastikan tidak ada zat-zat yang berbahaya bagi ikan.

Related Posts

Tips dan Trik Dalam Memilih Media Untuk Filter Kolam Koi
4/ 5
Oleh