Monday 23 May 2016

Mengenal Ikan Koi Kohaku Yang Paling Populer

Varietas Kohaku Dengan Paduan 2 Warna | Image of  Google
Dalam memelihara Koi ada satu frasa yang sering dikutip: seorang penghobi memulai dengan Kohaku dan berakhir pula dengan Kohaku. Kebanyakan penghobi biasanya memandang rendah varian Kohaku jika dibandingkan varian koi lain yang berwarna terang dan mengkilap. Namun ketika mereka mulai bisa menilai warna dan pola koi, Kohaku pun menjadi primadona justru karena kesederhanaan dan keelokannya.

Sekilas Sejarah KohakuKoi berwarna merah dan putih muncul di Jepang antara tahun1804 dan 1829, ketika ditemukan keturunan ikan karper hitam yang bercorak merah. Ikan itu disebut Hookazuki. Keturunannya yang berwarna putih dikawinkan dengan ikan merah yang disebut Higoi, sehingga dihasilkan koi dengan perut berwarna merah. Selanjutnya muncullah berbagai pola yang berbeda seperti Zukinkaburi (dahi merah), Menkaburi (kepala merah), Kuchibeni (bibir merah) and Sarasa (bintik merah di punggung).
Perkembangbiakan Kohaku terus berlanjut dan varietasnya makin meningkat, khususnya di wilayah Niagata yang sekarang dikenal sebagai tempat lahirnya budidaya koi. Varietas Kohaku yang sekarang ada dipercaya berasal dari keturunan Hachi Hi (betina berkepala merah) dan Sokura Kana (pejantan dengan pola cherry blossom) yang dibiakkan sejak sekitar tahun 1888.
Warna Kohaku
Kohaku adalah koi putih dengan corak warna merah (hi). Idealnya corak merah (hi) tersebut memiliki kedalaman warna yang bagus, tapi yang lebih penting adalah jika warna tersebut coraknya seragam dan polahi-nya memiliki tepi yang tegas. Ketentuan antara corak putih dan merah ini disebut “kiwa”.
Ada dua tipe/karakter warna. Hi yang merah keunguan cenderung gelap dan tidak mudah pudar. Namun warna ini dianggap kurang elegan. Hi yang merah kecokelatan bisa menghasilkan warna yang sangat indah dan semi-transparan, namun cenderung mudah pudar.
Warna putihnya haruslah seputih salju dan tanpa cela. Warna putih yang jelek, biasanya agak kekuningan, bisa menghilangkan pesona Kohaku karena pola Hi-nya jadi tidak menonjol. Kesatuan dan keseimbangan dari warna dan pola Kohaku merupakan hal yang terpenting. Secara garis besar, Hi harus meliputi 50 hingga 70 persen tubuh koi.
Pola Merah Putih pada KohakuKarena Kohaku tergolong sebagai jenis koi yang sederhana dalam hal warna, kriteria penilaiannya menjadi cukup ketat. Pola adalah hal paling akhir yang akan dinilai, tapi mungkin bakal paling banyak dibicarakan/didiskusikan. Kuncinya adalah keseimbangan pola di seluruh tubuh koi.
Inazuma Kohaku: ini adalah jenis pola yang terus menyambung, membentang dari kepala ke ekor, tapi terlihat zig zag. Inazuma secara harfiah berarti petir.
Nidan Kohaku: ini berarti koi memiliki dua tanda Hi.
Sandan Kohaku: koi memiliki tiga tanda Hi.
Yondan Kohaku: koi memiliki empat tanda Hi.
Goten-zakura Kohaku: koi memiliki pola cherry-blossom. Hi-nya belang-belang dan terlihat seperti kumpulan anggur.
Kanoko Kohaku: ikan ini sebenarnya dikelompokkan ke dalam kelas Kawarimono, bukan Kohaku. Hi di kepala terlihat penuh tetapi Hi di bagian tubuhnya belang-belang. (BacaAku)

Related Posts

Mengenal Ikan Koi Kohaku Yang Paling Populer
4/ 5
Oleh