Tuesday 24 May 2016

Cara Merawat Kolam Ikan Koi Yang Baik

Cara Merawat Kolam Ikan Koi Yang Baik
Banyak penghobi koi pemula berfikir bahwa mereka cukup memasukkan koi ke dalam kolam, memberi makan dan cukup melihat mereka tumbuh. Tanpa peduli dengan kondisi kolam dan air, padahal Koi merupakan ikan yang sangat sensitif akan perubahan ekosistem mereka. Perubahan ekosistem yang menjadi buruk membuat kesehatan ikan koi akan menurun dan sulit berkembang, bahkan berujung pada kematian.

Untuk merawat kolam koi agar ikan koi tetap dalam kondisi yang sehat dan indah, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan antara lain:
1. Jaga permukaan Kolam agar tetap bersih dari kotoran seperti daun-daun dan kotoran lainnya. Daun yang jatuh ke kolam koi dan membusuk akan meningkatkan jumlah amoniak terlarut dalam air.
2. Periksa filter kolam secara teratur. Pastikan tidak ada sumbatan dan kotoran yang menghambat kerja filter. Filter kolam yang tidak bekerja dengan baik akan membuat kondisi kolam koi kotor dan air yang buruk.
3. Bersihkan dasar kolam koi dengan vacuum cleaner untuk dasar kolam atau deengan media lainya. Endapan kotoran pada dasar kolam koi berpotensi booming amoniak yang berbahatya bagi kesehatan ikan koi.
4. Periksa volume kolam secara periodik. Secara alamiah air kolam koi akan berkurang karena penguapan. Memeriksa kedalaman air kolam seminggu sekali dan menambahkan air secukupnya merupakan hal yang baik. Selain itu ada kemungkinan kebocoran pada sistem filter bahkan pada kolam.
5. Selalu memantau ikan koi. Perilaku koi biasanya menunjukkan gejala-gejala tertentu akan hinggapnya suatu penyakit. Misalnya saja koi sering menggosok-gosokkan badan, bisa jadi ada bakteri atau kutu yang hinggap di badannya.
6. Memberikan nutrisi tambahan pada ikan dan kolam jika diperlukan.
7. Kontrol pertumbuhan ganggang/algae dengan Algaecida atau dengan cara alami lainnya, seperti filter yang baik, UV Lamp dan lain-lain.
8. Batasi polulasi ikan pada kolam agar jangan overpopulated. Jumlah ikan yang berlebihan akan meningkatkan kadar amonia dalam kolam yang akan membahayakan kesehatan ikan koi.
Merawat koi pada dasarnya adalah bagaimana merawat kesehatan air kolam koi yang baik. Jika kondisi kesehatan kolam koi baik maka koi akan tumbuh baik dan indah untuk dipandang.[BacaAku]

Related Posts

Cara Merawat Kolam Ikan Koi Yang Baik
4/ 5
Oleh